10 January 2018

Komunitas dan Teknologi Informasi


A.  Komunitas
a.    Pengertian
Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak".Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari berbagai lingkungan yang pada umumnya memiliki hobi atau ketertarikan yang sama.
Dalam ilmu biologi, definisi dari komunitas adalah kumpulan dari beberapa populasi yang berkumpul dan hidup bersama dalam suatu wilayah/lingkungan tertentu.


b.    Tujuan  berdirinya / terbentuknya sebuah komunitas
1.    Sebagai tempat untuk menyalurkan bakat dan kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, contohnya: komunitas teater, komunitas seni, komunitas musik.
2.    Menjadi tempat belajar dan mempelajari hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, contohnya: dengan mengikuti komunitas fotografi tentu saja secara otomatis yang bersangkutan akan mempelajari ilmu tentang fotografi di sana.
3.    Membuka diri terhadap perkembangan teknologi dan hal-hal baru, contohnya: masuk ke dalam komunitas diskusi online yang bertemakan gadget.

c.    Aturan Komunitas
Menurut Vanina Delobelle, komunitas mempunyai beberapa aturan sendiri :
1. Saling berbagi (share) mereka saling menolong dan berbagi satu sama lain dalam komunitas.
2.   Komunikasi: mereka saling respon dan komunikasi satu sama lain.
3.   Kejujuran : dalam komunitas harus saling menjaga kejujuran satu dengan yang lainnya.
4.   Transparansi: saling bicara terbuka dan tidak boleh menyembunyikan sesuatu hal.
5.   Partisipasi: semua anggota harus disana dan berpartisipasi pada acara bersama komunitas.

d.    Jenis Komunitas
1.    Komunitas akuantik
Yaitu kelompok organisme yang terdapat dilaut, danau, sungai, parit atau  kolam.
2.    Komunitas terestrial
Yaitu kelompok organisme yang terdapat di perkarangan, hutan, padang rumput, padang pasir.

e.    Karakter Komunitas
1.    Kualitatif
Sebuah nilai yang dikandung oleh sesuatu / sebuah benda, dimana penilaian yang dilakukan akan didasarkan pada mutu dan kualitas yang terkandung di dalamnya. Seperti komposisi, bentuk hidup, fenologi dan vitalitas.
2.    Kuantitatif
Sebuah penilaian yang dilakukan berdasarkan jumlah sesuatu, yang mana dalam hal ini kualitas bukanlah sebagai faktor utama yang menjadi dasar penilaian. Seperti frekuensi, densitas dan densitas relatif.
3.    Sintesis
Proses perubahan dalam komunitas yang berlangsung menuju ke satu arahyang berlangsung lambat secara teratur pasti terarah dan dapat diramalkan.

f.     Struktur Komunitas
1.    Struktur fisik
Struktur fisik suatu komunitas tampak apabila komunitas tersebut diamati.
2.    Struktur biologi
Struktur biologi komunitas meliputi komposisi spesies, kelimpahan individu dalam spesies, perubahan temporal dalam komunitas, hubungan antara spesies dalam suatukomunitas.

B. Teknologi Komunikasi
a.    Pengertian
Teknologi adalah pengembangan alat dan aplikasi yang meliputi mesin dan material  yang dapat memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan, informasi atau pertukaran makna  antara satu orang kepada orang lain, sekolompok orang atau lingkungan sekitarnya.
Jadi teknologi komunikasi adalah pengembangan alat atau aplikasi yang digunakan untuk memudahkan manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain, sekelompok orang atau lingkungan sekitarnya.

b.    Sejarah Teknologi Komunikasi
-  Antonio Santi Giuseppe Meucci lahir di San Frediano, pada 13 April 1808. Meucci merupakan pria berkebangsaan Italia, ia adalah orang pertama yang menemukan alat komunikasi modern yaitu telepon.
-     Tahun 1969, system telekomunikasi seluler dikomersilkan.perkembangan telepon mobile menjadi pesat dengan didominasi oleh 3 perusahaan besar yaitu, Ericsson, Nokia dan Motorola.Teknologi
-     Konsep SMS ternyata pertama kali dikembangkan oleh kerjasama dua peneliti seluler Prancis dan jerman pada 1984. Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert mengembangkan konsep komunikasi teks singkat antara dua alat.SMS pertama dikirimkan oleh Neil Papworth pada 1992 kepada Richard Jarvis, salah satu pegawai Vodafone. Karena ponsel saat itu tidak dilengkapi keyboard, Papworth mengetikkan pesannya pada PC. Bunyi pesan SMS pertama yang dikirim Papworth saat itu adalah "Merry Christmas"
-     Pada Tahun 1994 IBM Simon Personal Communicator. Bentuknya besar dengan layar kecil berwarna hijau ditengahnya. Bobotnya terbilang berat, mencapai 500 gram. IBM Simon merupakan smartphone pertama di dunia.
c.    Bentuk Teknologi Komunikasi
1.    Komunikasi Suara Merupakan bentuk komunikasi mempergunakan suara dan indera pendengaran dari tempat yang terpisah dengan jarak tertentu.
2.    Komunikasi Tulisan dan Gambar Merupakan komunikasi yang mengirimkan informasi berbentuk tulisan dan gambar. Gambar yang dikirim dapat berupa gambar hidup (video) atau gambar diam, misalnya gambar teknik atau gambar grafik.
3.    Komunikasi Data Informasi berupa data dan berita yang dikirimkan dengan menggunakan komputer sebagai media pengirim dan media penerima informasi, serta dengan menggunakan jaringan telepon (Public Switched Telephone Network) atau menggunakan jaringan telepon khusus (leased line atau private line).

d.    Unsur-unsur Teknologi Komunikasi
1.    Informasi, dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar,dan data yang memiliki spektrum frekuensi dan bentuk-bentuk yang berbeda.
2.    Alat yang dipergunakan untuk meneruskan informasi, dengan media transmisi dan sistem modulasi.
3.    Dengan cara yang sesuai,bentuk akhir ( informasi yang diterima ) harus seserupa mungkin dengan bentuk awal ( informasi yang dikirimkan ) dan dalam batas-batas distorsi yang dapat ditolerir.
4.    Dalam jumlah maupun kecepatan yang semakin meningkat melalui jarak yang semakin jauh dengan biaya yang seekonomis mungkin.

C. Tekonologi Komunikasi dalam Komunitas
Hubungan Teknologi Komunikasi dengan komunitas merupakan alat yang digunakan oleh suatu komunitas untuk memudahkan mereka dalam menyampaikan informasi secara efisien dan efektif kepada orang-orang yang berada dalam komunitas tersebut.

Komunitas dan Teknologi Informasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment